Baksos Himmatan 13 Maret 2016

Kenapa memilih bakti sosial?

Bakti sosial merupakan program kerja dari seksi sosial, Agus yang kita anggap bisa cepat dilaksanakan dalam waktu dekat dibanding dengan program kerja lainnya. Selain itu kegiatan ini kami pilih karena murah, tidak perlu biaya banyak, hanya saja perlu menggerakkan seluruh warga kampus untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Setelah itu kami mengadakan survei dimana sekiranya tempat yang pantas untuk diadakannya bakti sosial. Dan pada akhirnya kami pun menemukan sebuah panti yg bernama Panti Sosial Hafara yg terletak di . karena keadaan disana terbilang pelosok, memprihatinkan, dan kurang terjamah, maka kami memutuskan Panti Sosial Hafara ini sebagai target kami untuk menjalankannya program kerja pertama Himmatan.

Kegiatan ini diawali dengan pembuatan poster-poster yang ditempel di kampus 1 maupun 2 selama seminggu untuk memberitahukan kegiatan baksos mendatang yang berisi mengajak partisipasi warga kampus untuk mengumpulkan pakaian bekas pantas pakai, sembako, maupun uang yang akan disumbangkan. Pada akhirnya setelah semua sumbangan terkumpul, kami pun menggunakan sebagian kecil dana yang terkumpul untuk membeli sembako berupa 1karung beras, 10 kaleng susu, 10 kg gula pasir, dan 3 box teh. Adapula dari warga kampus yang menyumbang beras, minyak goreng, gula pasir, serta pakaian pantas pakai. Semua itu kami kemas jadi satu dalam kardus untuk disumbangkan. Lalu, sisa dana yang lain kami sumbangkan seluruhnya untuk pihak Panti Sosial Hafara.

Pada hari Minggu, 13 Maret 2016 pk 07.30 WIB kami semua berkumpul di kampus 1  untuk sekedar briefing. Kegiatan ini melibatkan perwakilan setiap UKM dan organisasi kampus, seperti perwakilan dari BEM, FLMPI, PSM, UKKI, Makora, Makupela, dan HIMMA-TAN. Setelah itu sekitar pk 08.30 kami pun bergegas untuk menuju ke Panti Sosial Hafara. Sesampainya disana kami disambut baik dari pihak Panti di sebuah pendopo yang terletak di tengah dari Panti. Dan kedatangan kami pun bersamaan dengan Rotari Club Cabang Prambanan. Rotari adalah semacam komunitas yang bergerak di bidang kemanusiaan, yang sedang mengadakan bakti sosial juga di Panti Sosial Hafara. Setelah itu, kami diceritakan berbagai kisah dari beberapa penghuni Panti dan tak lupa kami pun juga diajak untuk senam otak yang dipimpin langsung oleh salah satu penghuni Panti yang dulunya tidak bisa diajak berkomunikasi sama sekali. Selanjutnya, kami mengadakan lomba mewarnai untuk para penghuni Panti yang berusia dewasa. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin mingguan yang biasa dilakukan di Panti dan para pesertanya pun sangat antusias untuk mengikuti lomba ini. Setelah kurang lebih 1jam, kami pun memilih beberapa hasil yang kami anggap baik dan langsung mengumumkan beberapa pemenang, yaitu 2 orang wanita, 2 orang pria, dan 1 orang sebagai juara favorit. Dan tak lupa kami memberikan hadiah bagi para pemenang. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan karaoke dan joget bareng. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama, pemberian nasi kotak yang sudah disiapkan oleh panitia Himma-tan dan berpamitan dengan pihak Panti. Kami berterimakasih kepada pihak Panti atas waktunya sehingga kami bisa berkunjung di Panti Sosial Hafara. Dan dari pihak Panti pun juga berterimakasih kepada kami atas bantuan yang telah diberikan.

Pada pk 11.30 kami pun bergegas pulang ke kampus dan sebagian dari kami mampir ke Rumah Makan Sego Wiwit untuk sekedar makan siang bersama. Setelah itu kami pun kembali ke kampus dan kos masing-masing.

Terimakasih untuk semua warga kampus yang telah berpartisipasi dalam kegiatan pertama Himmatan yaitu Bakti Sosial di Panti Sosial Hafara. Semoga bantuan sekecil apapun yang telah kalian semua berikan dapat bermanfaat bagi mereka dan menjadi berkah untuk kita semua. Amin ya Robb.

Salam keluarga besar Himma-tan. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *